Posted by : Unknown Senin, 03 Maret 2014

Ikan Tuna
Produksi ikan tuna Indonesia rata-rata mencapai 613.575 ton per tahun dengan nilai sebesar Rp 6,3 triliun rupiah. Angka ini berpotensi menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil tuna terbesar di dunia.
Tuna adalah jenis ikan yang pengelolaannya merupakan tanggungjawab bersama antar bangsa. Untuk itu status pengelolaan perikanan tuna nasional selalu menjadi pantauan dari lembaga pengelolaan perikanan regional (RFMOs - Regional Fisheries management Bodies) yang mempunyai mandat untuk pengaturan pengelolaan tuna global.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), Achmad Poernomo mengatakan, saat ini monitoring pendaratan tuna dilakukan terhadap 16 perusahaan Indonesia maupun di luar ZEE Indonesia.

"Dengan berpedoman pada hasil penelitian ini, untuk mendapat hasil tangkapan yang berlimpah, nelayan tuna tinggal mengatur kedalaman pancingnya. Jika sesuai dengan suhu dan kedalaman optimumnya, maka akan diketahui jenis tuna yang bakal tertangkap," ujarnya, Senin (17/2/2014).

Sementara subpopulasi Samudera Hindia barat Sumatera, lanjut dia, merupakan populasi yang berasal dari Samudera Hindia. "Dari hasil analisa gonad, terlihat bahwa musim pemijahan ikan tuna mata besar di Samudra Hindia (barat Sumatera dan selatan Jawa) diduga terjadi sepanjang tahun," katanya.


sumber : kabarbisnis.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BALE IKAN - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -